Stay informed on our news or events!

post

Salah satu upaya SMP Assalaam Bandung dalam menerapkan pendidikan karakter adalah dengan cara perogram pembiasaan. Seperti yang terlihat pada Jum’at (28/07/2022), peserta didik di SMP Assalaam Bandung melaksanakan kegiatan doa pagi bersama dilapangan.

Kegiatan pembiasaan ini diharapkan bisa menjadi sebuah proses pembentukan sikap dan perilaku yang relatif menetap dan bersifat otomatis melalui proses pembelajaran yang berulang-ulang.

Program pembiasaan yang dijalankan di SMP assalaam senada dengan promram pemerintah yang sedang menggiatkan pendidikan karakter. Di mana pendidikan karakter (character education)  dalam konteks sekarang sangat relevan untuk mengatasi krisis moral yang sedang melanda Indonesia.

Selain kegiatan doa pagi bersama dilapangan, ada pula kegiatan lainnya seperti kegiatan sholat berjamaah, sholat dhuha, kegiatan belajar Al-Quran dengan metode yanbu’a, hingga kegiatan sapa pagi yang melibatkan seluruh warga sekolah.

Dengan kegiatan pembiasaan diatas, pihak sekolah berharap bisa menjadi sebuah begakal bagi peserta didik agar tidak terjerus kedalam krisis moral yang dirasakan di Indonesia sekarang ini, seperti pergaulan bebas, maraknya angka kekerasan anak-anak dan remaja, kejahatan terhadap teman, pencurian remaja, kebiasaan menyontek, penyalahgunaan obat-obatan, pornografi, dan lainnya.

Selain kegiatan pembiasaan yang bersifat rutin seperti yang telah disebutkan diatas, ada pula kegiatan pembiasaan yang sifatnya spontan seperti doa bersama untuk keluarga besar SMP Assalaam yang terkena sakit, kegiatan peringatan hari besar islam ataupun peringatan hari besar islam. (TUS/”Humas SMP Assalaam”).