Stay informed on our news or events!

post

Pada Selasa (06/09/2022) SMP Assalaam Bandung melaksanakan pengetasan baca Al-Quran pada peserta didik nya secara masal. Program yang digulirkan oleh Yayasan Assalaam ini, wajib dilaksanakan di seluruh unit pendidikan yang ada dibawah naungan Yayasan Assalaam.

            Kegiatan ini dipantau langsung oleh ketua umum Yayasan Assalaam (KH. Habib Syarief Muhammad Al-Aydarus), serta melibatkan seluruh guru Al-Quran yang ada dilingkungan Yayasan Assalaam. Dalam sambutannya ketua umum Yayasan Assalaam menjelaskan bahwa pengetesan ini bertujuan untuk mengetahui sejauh mana kemampuan peserta didik Assalaam dalam membaca Al-Quran dan sejauh mana penyerap pembelajaran Al-Quran yang telah diberikan.

Selain itu, KH. Habib Syarief Muhammad Al-Aydarus menjelaskan bahwa kemampuan membaca Al-Quran adalah sebuah keharusan bagi peserta didik yang ada di lingkungan Yayasan Assalaam, mengingat bahwa Yayasan Assalaam mengusung pendidikan berbasis keagamaan.

Selain itu, kepala sekolah SMP Assalaam (Andri F. Hidayat, S.Pd.) menjelaskan bahawa kegiatan pengetasan ini sebagai ajang evaluasi sekolah dalam pembelajaran Al-Quaran yang telah dilakasanakan oleh sekolah.

            Dalam kegiatan pengetasan ini peserta didik SMP Assalaam akan ditanyakan terlebih dahulu sampai Yanbu’a (Metode baca Al-Quran yang digunakan) berapa yang telah dipelajari, kemudian penguji akan mengetesnya kembali. Dengan menggunakan model pengetsan tersebut diharapkan bisa melihat efektifitas pembelajaran Al-Quran yang telah dilaksanakan. (TUS/Humas SMP Assalaam)