Stay informed on our news or events!

post

Kegiatan ramadhan atau yang lebih dikenal dengan sebutan pesantren kilat, secara lumrah akan diadakan disetiap sekolah pada saat memasuki bulan Suci Ramadhan dan pada umumnya diisi dengan kegiatan pembelajaran keagamaan.

Namun, kegiatan ramadhan yang disajikan di SMP Assalaam sedikit berbeda dengan pada umumnya. Kegiatan yang mengusung tema “Rasa Kini” memberikan pengalaman pada peserta didik seakaan-akan mereka tinggal disebuah pesantren modern.

Selama kegiatan berlangsung (04 – 21 April 2022), peserta didik laki – laki diwajibkan mengenakan sarung dan peci, sedangkan peserta didik perempuan mengenakan baju muslim. Penerapan konsep sarungan ini memang bukan kali ini saja, tetapi setiap tahun dikegiatan ramadhan peserta didik diwajibkan mengenakan sarung.

“Penggunaan sarung bagi peserta didik laki – laki merupakan sebuah konsep yang kami terapkan agar kegiatan pesantren nya lebih terasa dan mereka bisa merasakan bagaimana kehidupan disebuah pesantren” jelas Bapak Muhammad Arundina, S.Pd,. selaku ketua pelaksana kegiatan pesantren ramadhan 1443 H.

“alhmdulilah respon orang tua sangat bagus dan banyak yang mengatakan unik, karena sekolah yang posisinya berada di tengah kota Bandung ini bisa menerapkan konsep sarungan” tutur Kepala Sekolah SMP Assalaam Bapak Andri F. Hidayat, S.Pd. menjelaskan respon orang tua peserta didik.

Selain sarungan dan pembelajaran keagamaan, kegiatan pesantren Ramadhan yang diterapkan di SMP Assalaam pun memberikan pengalaman menarik lainnya. Seperti berbagai kegiatan perlombaan, bakti sosial, buka bersaman dan menghias kelas. Dengan berbagai kegiatan tersebut kegiatan ramadhan lebih meriah dan senantiasa di tunggu oleh peserta didik SMP Assalaam. (TUS/”Humas SMP Assalaam”)