Stay informed on our news or events!

post

Agenda tahunan SMP Assalaam Bandung yang tidak pernah terlewatkan adalah kunjunga ketempat pembelajaran yang menyenangkan. Dengan tema “Explore Yogjakarta” tahun ini SMP Assalaam berkunjung ke beberapa destinasi yang ada di daerah Solo dan Yogjakarta pada 11 – 14 Februari 2020.

Rombongan yang tak kurang dari 350 orang ini, berkunjung ke solo guna ziarah ke makam KH. Habib Anis Al-Habsyi dan KH. Habib Ali Al Habsyi yang merupakan pengarang kitab maulid Simtud Durar. Dalam kegiatan ziarah tersebur, rombongan yang terdiri dari siswa dan guru SMP Assalaam, melakukan doa bersama yang dilanjut dengan penjelasan sejarah mengenai kedua tokoh tersebut oleh Bapak H. Deden Syamsul Romly, S.Pd.

Selain mengunjungi solo, rombongan pun mengunjungi beberapa destinasi yang ada di Daerah Istimewa Yogjakarta, diantaranya mengunjungi Candi Prambanan, Pantai Kukup dan Drini serta kemudian dilanjutkan dengan tour merapi menggunakan Jeep ke tempat-tempat yang pernah terdampak letusan gunung merapi pada tahun 2010 lalu.

Kegiatan ini dirancang guna memberikan pengalaman yang menarik bagi para siswa. pasalnya, disetiap destinasi yang dikunjungi terdapat materi-materi pembelajaran yang disampaikan, seperti pembelajaran IPS khususnya materi sejarah pada destinasi candi prambanan dan ziarah makam di solo. Serta  penyampaian materi Geografi pada destinasi Tour Merapi dan Pantai.

“kunjungan kita ke solo dan yogja ini bertujuan memberikan pengalaman yang menarik bagi siswa, disetiap destinasi kita menjelaskan materi – materi yang berkaitan dengan pembelajaran, serta bagi para siswa yang tidak ikut pun diberikan tugas untuk berkunjung ke museum atau tempat yang hampir mirip” jelas Bapak Tirta Utama Somantri, S.Pd. selaku guru IPS sekaligus wakil kepala sekolah bidang humas.

Para siswa yang tidak ikut diberikan tugas untuk berkunjung musium atau temapat yang hamper mirip, kemudian diharuskan membuat laporan berupa video vlog yang dikumpulkan ke kesiswaan SMP Assalaam.

Para siswa yang mengikuti kegiatan tour ke Yogjakarta maupun yang berkunjung ke mesium yang ada dikota bandung, terlihat sangat antusias dan mengaku sangat senang dikarenakan bisa belajar secara langsung. (TUS/”Humas SMP Assalaam”)