Stay informed on our news or events!

post

Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) Tingkat SMP secara serentak dilaksanakan pada hari senin (22/4/2019) hingga Kamis (25/4/2019). Seluruh SMP Negeri dan swasta menggelar UN dengan system Ujian Dalam Jaringan sebagai salah satu bentuk moderenisasi system pendidikan di Indonesia.

Namun ada yang unik dengan UNBK di SMP Assalaam Bandung, umumnya UNBK tingkat sekolah menengah pertama, baik negri maupun swasta menggelar UNBK sebanyak 2 sampai 3 sesi. Namun SMP Assalaam Bandung mampu menggelar UNBK hanya dengan satu sesi saja.

“Dengan perlengkapan yang kita miliki dan dukungan dari orang tua siswa alhamdulilah kita menyelenggarakan UNBK dengan satu sesi” jelas Bapak Eggi Nurmayadi selaku ketua tim IT SMP Assalaam.

Kegiatan yang dimulai pukul 7.30 s/d 9.30 WIB ini, dibantu lima orang Proktor, dan tiga orang teknisi. Serta melibatkan sepuluh orang pengawas dari berbagai sekolah. Selain itu guna menunjang terlaksananya UNBK satu sesi SMP Assalaam menggunakan 5 server dan 151 laptop dengan 20 cadangan yang akan digunakan oleh 151 peserta didik.

Kami berharap bahwa dengan ujian satu sesi, kualitas dari hasil ujian tahun ini lebih bagus, melihat ujian hanya diselenggarakan pada pagi hari, maka kesiapan fisik dan mental yang masih segar bisa menjadi salah satu faktor pendukung hasil yang maksimal” tutur kepala sekolah  Drs. H. Abdul Rofe Taufik Umar, M, MPd, dalam menjelaskan tujuan UNBK digelar dalam satu sesi.

Menurut salah satu siswa yang ditemui setelah melaksanakan ujian, mengaku senang dengan digelarnya ujian satu sesi, hal ini dikarenakan UNBK yang mereka laksanakan digelar pada pagi hari sehingga banyak waktu untuk mempersiapkan ujian pada hari besoknya.

Selian itu, Kepala Sekolah SMP Assalaam pun merasa sangat puas melihat UNBK hari pertama dapat berjalan dengan baik dan lancar. Berjalannya UNBK dengan lancar dan lancar tidak lepas dari kinerja panitia dan proctor yang mempersiapkan segalahal dengan baik. (TUS/”Humas SMP Assalaam”)